BANTAHAN SAYA TERHADAP SEBUAH HADIST : - Juni

BANTAHAN SAYA TERHADAP SEBUAH HADIST : - Juni

   Anak Tak Bisa Menolong Ibu ? :  NABI  Muhammad SAW,  Beliau pernah menangis karena berdoa untuk Ibunya, tapi dilarang oleh Allah SWT, namun masih diperbolehkan untuk menziarahi kubur ibunya, sebagaimana hadits berikut  ;

حدثنا يحيى بن أيوب ومحمد بن عباد واللفظ ليحيى قالا حدثنا مروان بن معاوية عن يزيد يعني بن كيسان عن أبي حازم عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم استأذنت ربي أن أستغفر لأمي فلم يأذن لي واستأذنته أن أزور قبرها فأذن لي.

Bantahan Saya Terhadap Sebuah Hadist
Berdoa


   Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Aku meminta izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampun untuk ibuku maka Dia tak mengizinkanku, kemudian aku minta izin untuk menziarahi kuburnya maka Dia mengizinkan aku. (HR. Muslim 976, hadist ini juga diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud,  An Nasa’I dan Ibnu Hibban, semuanya dari jalur Abu Hurairah).

TINJAUAN SAYA  ;

Alasan Allah yang tidak tersurat namun tersirat berkaitan dengan dalil tersebut :
Dalam hal ini saya mau berijtihad yang dibenarkan dan masuk akal, mengapa Allah membuat keputusan itu.
 Kalau melihat dari latar belakang nabi Muhammad  yang tidak mem punyai ibu dan bapak serta kakek bahkan saudara sejak kecil , hal itu bisa di bayangkan dan dimaklumi oleh kita betapa penderitaan itu telah diperhitungkan oleh allah, sehingga Allahpun menurunkan perintah atau larangan seperti dalam hadist itu.
Berdasarkan pertimbangan dan kebijaksanaannya kepada nabi Muhammad khususnya dalam hal ini. Jadi dalam kasus ini adalah perkecualian khusus ditujukan kepada nabi Muhammad yang tidak memiliki bapak dan ibu sejak kecil. Sehingga Allahpun tidak mengizinkan kepada nabi untuk memintakan ampun kepada ibunya, kecuali menziarainya saja. Jadi hadis itu memiliki kategori khusus terhadap pribadi nabi Muhammad dan mungkin juga kepada orang - orang yang memiliki latar belakang sama seperti nabi Muhammad dalam bentuk keluarganya.

Jadi berdoa untuk orang tua khususnya ibu yang sudah atau belum meninggal tetap dianjurkan dalam agama islam.
thumbnail
Judul: BANTAHAN SAYA TERHADAP SEBUAH HADIST : - Juni
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait agama, hadist, Islam :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz